Epistemologi & Regulasi Wakaf di Indonesia

Judul : Epistemologi & Regulasi Wakaf di Indonesia
Penulis : Ahmad Fauzi, S.HI, MA,
Rahman, M.Ag,
Ficha Melina, S.E.Sy., M.E
Tebal Buku :  280 halaman
ISBN : 978-623-93481-6-8

Istilah wakaf bukan sesuatu yang asing dalam kehidupan masyarakat. Aplikasinya, praktik perwakafan ini sudah menjadi tradisi bahkan sebelum Islam. Orang-orang terdahulu melakukan ibadah secara tulus dan ikhlas untuk mengharapkan ridha Allah swt. dengan mewakafkan sebagian harta mereka.dan penghormatan terhadap keluarga beliau.

Hal tersebut telah menunjukkan peran yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat Islam. Namun sebenarnya kecenderungan adanya wakaf yang masih dikelola secara tradisional-konvensional, sebagaimana aset-aset yang sebagian besar sebagai tempat-tempat ibadah dan pemakaman belum tepat sasaran sesuai fungsinya.

Padahal seharusnya wakaf dapat menjadi sumber pendanaan dari umat untuk umat, baik untuk kepentingan keagamaan, sosial ataupun ekonomi. Oleh karenanya, pemahaman terhadap fungsi wakaf perlu terus disosialisasikan, bahkan perlu menjadi gerakan kolektif dalam rangka untuk memperbaiki ekonomi umat.

Semoga dengan hadirnya karya ini sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam mensosialisasikan pemahaman terhadap fungsi wakaf dapat menjadi sumber rujukan yang membantu pemahaman umat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *